Contoh Surat Lamaran Karja Menjadi Guru

Sobat Ketik Surat yang berbahagia. Terakhir kali admin sudah memposting artikel dengan judul surat keterangan siswa, dan materi kali ini adalah surat lamaran kerja guru.


contoh surat lamaran kerja guru

Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu bahwa guru adalah istilah untuk orang yang mengajarkan suatu ilmu. Dan dalam bahasa Indonesia secara umum guru merujuk kepada pendidik profesional yang memiliki tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik.

Istilah guru biasanya lebih mengarah kepada pendidik/pengajar pada pendidikan anak usia dini melalui jalur sekolah atau formal, pendidikan dasar dan menengah. Dan dalam definisi yang lebih luas, setiap orang yang mengajarkan suatu ilmu yang baru dapat juga dianggap sebagai guru. (Wikipedia)

Makanya dalam sebuah pepatah Arab dikatakan: “Siapa saja yang mengajariku walau satu huruf, maka dia adalah ustadzku (guruku)”. Dan guru adalah profesi yang mulia –jika boleh dikatakan sebagai profesi-, karena pada dasarnya mengajar dan menyampaikan ilmu adalah amanah yang harus ditunaikan oleh siapa saja yang memiliki ilmu pengetahuan. (lihat QS. Ali Imron:197)

Dan oleh karena itu seorang guru harus memiliki semacam kualifikasi formal, dan untuk mendapatkan jabatan/profesi tersebut biasanya diadakan semacam seleksi, supaya orang-orang yang menjalankannya memang orang-orang yang tepat dan layak. Hal ini penting sekali, karena kemajuan sebuah bangsa dan negera tergantung pada seberapa bagus proses pendidikan yang dilaksanakan, dan ini hanya bisa dilakukan oleh guru yang memang memiliki kapabilitas.

Dan perlu diperhatikan juga, bahwa proses pendidikan itu bukan hanya sekedar mentransfer knowledge (pengetahuan) saja, namun pendidikan meliputi dua aspek, yaitu aspek kognitif (pengetahuan) dan karakter (perilaku). Oleh karena itu, jika Anda merasa memiliki kemampuan di bidang tersebut, maka tidak ada salahnya jika Anda bergabung memajukan bangsa melalui pendidikan.

Dan pada kesempatan kali ini, admin hanya bisa membantu Anda satu hal, yaitu membantu Anda menyiapkan surat lamaran kerja guru yang baik bagi Anda yang mengalami kesulitan dalam pembuatannya. Dan langsung saja, berikut ini contoh surat lamaran kerja untuk guru:
Perihal                  : Permohonan Sebagai Tenaga Pengajar


Kepada Ykh,
Kepala Sekolah SMP-IT Umar Abdul Aziz Bogor
Di Tempat

Assalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh.

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                     : Haris Ahmad
Tempat/Tanggal Lahir     : Jakarta, 24 Mei 1985
Pendidikan Terakhir      : S1 STIE Al Akidah Jakarta
Agama                    : Islam
Jenis Kelamin            : Laki-laki
Alamat                   : Jl. Jambu No. 198, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
No. Handphone            : 0896 0000 1234


Dengan ini mengajukan permohonan lamaran pekerjaan untuk menjadi tenaga pengajar/guru agama di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin.

Dan sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan kelengkapan administrasi sebagai berikut:

  1. Fotocopy Ijazah dan Akta IV yang telah dilegalisir (1 lembar)
  2. Fotocopy Transkrip Nilai yang telah dilegalisir (1 lembar)
  3. Daftar Riwayat Hidur / CV (1 lembar)
  4. Fotocopy KTP (1 lembar)
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian/SKCK (1 lembar)
  6. Surat Keterangan Pengalaman Mengajar (1 lembar)
  7. Pas foto berwarna ukuran 4x6 (1 lembar)
Demikian surat permohonan ini saya sampaikan. Merupakan kebanggan saya bisa diterima dan bergabung mengajar di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh.

Jakarta, 13 Juni 2016
Hormat saya,


(Haris Ahmad)
Demikian yang bisa admin sampaikan, semoga dengannya Anda bisa mendapatkan gambaran tentang contoh surat lamaran kerja guru yang baik dan benar sesuai dengan yang Anda butuhkan. Semoga bermanfaat, dan terima kasih atas kunjungannya.

Salam sukses dari Ketik Surat.

Gambar: Pixabay.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Karja Menjadi Guru"

Post a Comment