Contoh Surat Pribadi Bahasa Arab dan Artinya

Sahabat Ketik Surat yang berbahagia.
contoh surat pribadi bahasa arab dan artinya
cairodar.com
Terakhir kali admin sudah memposting artikel tentang quotes bahasa Inggris tentang mirror dan artinya. Dan pada kesempatan ini, admin akan menulis tentang contoh surat pribadi. Jika sebelumnya pernah ditulis surat pribadi dalam bahasa Inggris, surat pribadi kali ini adalah menggunakan bahasa Arab.

Anda penasaran dengan contoh surat pribadi berbahasa Arab? Langsung saja, berikut ini dua contoh suratnya:

  • Surat pribadi untuk teman/sahabat dalam bahasa Arab

-إِلَى أَحْمَدَ -صَدِيْقِي الحَبِيْبِ

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

صَدِيْقِي الحَبِيْبِ ، أَتَمَنَّى أَنْ تَكُوْنَ فِي صِحَّةٍ وَعَافِيَةٍ حِيْنَ وَصَلَتْكَ هَذِهِ الرِّسَالَةُ .  وَأَوَدُّ أَنْ أُخْبِرَكَ الآنَ أَنِّي فِي أَحْسَنِ حَالٍ وَالحَمْدُ ِللهِ . 

الحَمْدُ ِللهِ ، لَقَدْ بَدَأَتْ دِرَاسَتِي فِي الجَامِعَةِ الإِسْلَامِيَّةِ قَبْلَ أُسْبُوْعٍ . وَلَقَدْ تَعَرَّفْتُ عَلَى بَعْضِ الزُّمَلَاءِ مِنْ مُخْتَلِفِ بُلْدَانِ العَالَمِ . الحَمْدُ ِللهِ ، هَؤُلَاءِ هُمْ أُنَاسٌ طَيِّبُوْنَ ، وَكُلُّهُمْ حَرِيْصُوْنَ عَلَى تَعَلُّمِ اللُّغَةِ العَرَبِيَّةِ وَالعُلُوْمِ الإِسْلَامِيَّةِ ، وَهَذَا مِمَّا جَعَلَنِي أَرْتَاحُ فِي هَذَا البَلَدِ الغَرِيْبِ , وَمِمَّا شَجَّعَنِى كَذَلِكَ عَلَى الحِرْصِ فِي طَلَبِ العِلْمِ .

وَمِنَ العَجِيْبِ هُوَ الفُرْصَةُ لِلصَّلَاةِ فِي المَسْجِدِ النَّبَوِي وَزِيَارَةِ قَبْرِ النَّبِيِّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ، إِنَّهَا لَفُرْصَةٌ سَعِيْدَةٌ جِدًّا ، يَتَمَنَّاهَا كُلُّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ .

اِعْلَمْ يَا أَخِي ، أَنِّي أَشْتَاقُ إِلَيْكَ ، وَأَنِّي أُحِبُّكَ فِي اللهِ . وَلَا أَنْسَاكَ فِي دُعَائِي أَنْ يَجْعَلَكَ اللهُ مِنَ المَقْبُوْلِيْنَ فِي الجَامِعَةِ الإِسْلَامِيَّةِ حَتَّى نَتَدَارَسُ فِي مَدِيْنَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ . 

وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

مِنْ صَدِيْقِكَ المَحْبُوْبِ
عَبْدُ اللهِ
Artinya:
Kepada Ahmad –temanku yang tercinta-.

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Temanku yang tercinta, ketika surat ini sampai kepadamu, aku berharap kamu dalam keadaan sehat wal afiyat. Dan aku ingin mengabari bahwa kondisiku sekarang juga dalam keadaan yang lebih baik –alhamdulillah-.

Alhamdulillah, kuliahku di UIM (Universitas Islam Madinah) sudah mulai sejak pekan lalu. Dan aku telah mengenal beberapa teman dari berbagai negara di dunia. Alhamdulillah, mereka adalah orang-orang yang baik, mereka semuanya semangat dalam membelajari bahasa Arab, dan ilmu Islam. Hal inilah yang mejadikanku betah di negeri asing ini, dan hal ini juga yang memberikanku motivasi untuk giat dalam menuntut ilmu.

Dan yang tidak kalah menakjubkan adalah kesempatan bisa shalat di Masjid Nabawi, dan mengunjungi makam Nabi -‘alaihis shalaatu was salaam-, ini merupakan kesempatan yang menyenangkan, dimana setiap muslim dan muslimah pasti menginginkannya.

Ketahuilah saudaraku, bahwa aku kangen denganmu, dan aku juga mencintaimu karena Allah. Aku tidak pernah melupakanmu dalam doaku, semoga Allah menjadikanmu termasuk mahasiswa-mahasiswa yang diterima di UIM (Universitas Islam Madinah), sehingga kita bisa belajar bersama di kota Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam-, aamiin yaa rabbal-‘aalamiin.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Dari temanmu tercinta
Abdullah

  • Surat pribadi untuk Ibu dalam bahasa Arab

إِلَى وَالِدَتِي الغَالِيَةِ
السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

وَالِدَتِي العَزِيْزَةَ ، أَرْجُوْ أَنْ تَكُوْنِي فِي أَتَمِّ صِحَّةٍ وَعَافِيَةٍ حِيْنَ وَصَلَتْكِ هَذِهِ الرِّسَالَةُ . وَالحَمْدُ ِللهِ ، أَنَا هُنَا الآنَ بِخَيْرٍ ، لَا يَنْقُصُنِي شَيْئٌ إِلَّا رُؤْيَةُ وَجْهِكِ الغَالِي .

وَالِدَتِي الغَالِيَةَ ، عِلْمًا بِأَنَّ الاِخْتِبَارَ النِّـهَائِي سَيَكُوْنُ بَعْدَ أُسْبُوْعَيْنِ ، فَلَا تَنْسَيْنِى مِنْ خَالِصِ دُعَائِكِ لِي بِالتَّوْفِيْقِ وَالنَّجَاحِ . وَمُدَّةُ الاِخْتِبَارِ هِيَ أُسْبُوْعَانِ كَامِلَانِ ، وَبَعْدَهُ إِجَازَةٌ صَيْفِيَّةٌ ، إِذَنْ عَوْدَتِي إِلَى القَرْيَةِ قَرِيْبَةٌ وَهِيَ بَعْدَ شَهْرٍ إِنْ شَاءَ اللهُ . وَاللهِ يَا أُمِّي ، إِنِّي فِي شَوْقٍ دَائِمِ إِلَيْكِ وَإِلَى لِقَائِكِ ، إِنِّي أُحِبُّكِ .

بَلِّغِي سَلَامِي وَحُبِّي لِوَالِدِي وَلِإِخْوَتِي وَأَخَوَاتِي ، أَنَا مُشْتَاقٌ إِلَيْـهِمْ جَمِيْعًا .

وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اِبْنُكِ الحَبِيْبُ
عَبْدُ الصَّمَدِ
Artinya:
Kepada Ibuku tercinta

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Ibuku yang mulia, ketika surat ini sampai aku berharap engkau dalam keadaan sehat wal afiyat. Dan -alhamdulillah- aku di sini dalam keadaan baik, tidak ada yang kurang dariku selain melihat wajahmu yang mahal.

Ibuku tercinta, perlu diketahui bahwa ujian akhir akan berlangsung dua pekan lagi, jangan engkau melupakan aku dari doamu yang tulus supaya aku diberikan taufiq dan kelulusan. Dan masa ujian dua pekan, dan setelahnya ada liburan musim panas. Jika begitu, maka kepulanganku sudah dekat, sebulan lagi insyaallah. Demi Allah, wahai Ibu aku selalu rindu kepadamu, rindu bertemu denganmu, dan aku mencintaimu.

Sampaikan salam dan cintaku kepada ayah, saudara-saudara dan saudari-saudariku. Aku rindu kepada mereka semua.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Putramu tercinta
Abdussamad
Demikian 2 contoh surat pribadi dalam bahasa Arab dan terjemahannya. Semoga apa yang telah ditulis bisa menjadi referensi dan rujukan bagi Anda yang sedang mencari atau membutuhkannya.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau dikomentari, silahkan Anda tulis pada kolom komentar di bawah ini. Kurang lebihnya mohon maaf, dan terima kasih atas kunjungannya.

Salam sukses dari Ketik Surat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Surat Pribadi Bahasa Arab dan Artinya"

Post a Comment