Contoh Surat Keterangan Domisili Dari Desa

Sahabat Ketik Surat yang budiman. Admin masih ingin berbagi contoh surat-surat keterangan. Kali ini adalah surat keterangan domisili dari desa/kelurahan.

Beberapa bulan lalu saya sempat mengurus perpanjangan paspor di Kanim II Wilayah Jakarta Selatan. Alamat KTP saya masih di Magetan - Jawa Timur, dan berdomisili di Sukamakmur - Kab. Bogor. Pada saat pengurusan, ada satu berkas yang diminta khusus bagi pemilik KTP luar daerah, yaitu surat domisili.
contoh surat keterangan domisili dari desa
Karena mendesak dan butuh cepat, padahal posisi saya di Jakarta dan berdomisili di Kab. Bogor, maka saya meminta teman untuk mengurus permohonan surat domisili dari desa tempat saya tingal. Sebenarnya surat domisili dari RT/RW cukup, tapi teman lebih memilih meminta di kantor desa, karena prosesnya lebih mudah baginya.

Sebelumnya, apa itu surat keterangan domisili?

Surat keterangan domisili adalah surat resmi yang dikeluarkan oleh kantor desa/kelurahan, dan isinya menerangkan bahwa nama dan identitas yang disebutkan di dalam surat keterangan adalah warga luar daerah yang untuk sementara berdomisili di desa tersebut.
Baca juga: Contoh Surat Pemberitahuan Peserta Umroh.
Surat ini memiliki banyak kegunaan, seperti dalam kasus saya surat ini menjadi dokumen pelengkap syarat pengurusan paspor. Dan bisa digunakan juga untuk membuka rekening bank di luar alamat asli KTP. Misalnya alamat KTP Anda di Semarang, dan ingin membukan rekening bank di Bogor, maka biasanya Anda akan diminta untuk melampirkan surat domisili pada saat pembukaan rekening, dan lain-lainnya.
Berikut ini contoh surat keterangan berdomisili penduduk yang saya terima:


surat keterangan domisili penduduk dari desa
Dan supaya memudahkan untuk di-copy ke word/doc, maka saya sertakan salinannya di sini:
KOP SURAT DESA
---
SURAT KETERANGAN BERDOMISILI
Nomor : 474.4 / 145 / XI / 2016


Dengan ini Kepada Desa Sukadamai Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor, menerangkan dengan sebenarnya bahwa :

NIK                    : 3520043012870002
Nama Lengkap           : ABDULLAH LUTHFI
Jenis Kelamin          : Laki-laki
Tempat/Tgl. Lahir      : Madiun, 30 Desember 1987
Bangsa/Agama           : Indonesia/Islam
Pekerjaan              : GURU
Alamat pada KTP        : Gambiran Rt.013 Rw.005
                         Kel/Desa Madigondo Kecamatan Takeran
                         Kabupaten Magetan Jawa Timur.

Berdasarkan Permohonannya serta catatan kependudukan yang ada di kantor kami, nama tersebut Bertugas selaku (Guru) Kepala Sekolah SMA-IT di Ponpes AL-ANDALUS yang Berdomisili di Kp. Cijurey Rt.04 Rw.03 Desa Sukadamai Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor.

Surat Keterangan ini diberikan untuk persyaratan daftar membuat PASPOR, dan berlaku s/d tgl. 16 Januari 2017 dan dapat diperpanjang kembali.

Demikian, Surat Keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya mohon kepada yang berkepentingan untuk mengetahuinya dan maklum adanya.

                                   Sukadamai, 16 November 2016
     (Pemohon)                      An. Kepala Desa Sukadamai



   (Abdullah Luthfi)                 ( IHSAN SUHERMAN, S.Ap)
Baca juga: Contoh Surat Keterangan Kelahiran dari RS.
Semoga contoh surat keterangan domisili di atas bisa menjadi referensi dan rujukan bagi Anda yang membutuhkannya. Semoga bermanfaat, dan terima kasih atas kunjungannya. Salam sukses dari Ketik Surat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Surat Keterangan Domisili Dari Desa"

Post a Comment