Contoh Surat Rekomendasi atau Tazkiyah

Sobat Ketik Surat yang berbahagia. Sebelumnya telah dibagikan contoh surat perjanjian kontrak rumah, dan pada kesempatan ini saya ingin menulis contoh surat rekomendasi atau tazkiyah. Jika Anda adalah alumni/lulusan pesantren, baik salafiyah maupun khalafiyah (modern), maka istilah tersebut tentu tidak asing lagi di telinga Anda.
dosen sedang mengajar di kuliah
via Pixabay
Dan sebagai prolog, perlu diketahui terlebih dahulu apa itu surat rekomendasi (tazkiyah)? Ia adalah surat keterangan dalam bahasa Arab dari lembaga atau tokoh Islam, yang menerangkan bahwa nama yang tercantum di dalamnya (calon mahasiswa/i) adalah muslim/ah yang berkepribadian baik/berakhlak mulia, mencintai kebaikan dan ilmu, serta menjaga shalat lima waktu.

Tazkiyah merupakan salah satu syarat administrasi yang harus dilengkapi oleh calon mahasiswa/i saat mendaftar kuliah di universitas-universitas luar negeri Timur Tengah, seperti Universitas Islam Madinah (UIM), Universitas Ummul Quro (UQU), atau lembaga-lembaga pendidikan dalam negeri yang berafiliasi ke Timur Tengah, seperti LIPIA Jakarta.
Bisa belajar di IUM adalah impian bagi para penuntut ilmu agama (santri), karena selain bisa belajar di Kota Nabi secara gratis - bahkan mendapatkan uang saku setiap bulannya -, mereka juga bisa melakukan umrah dan haji secara gratis.
Berikut ini saya sajikan contoh tazkiyah berbahasa Arab:

  • Surat rekomendasi mendaftar kuliah di LIPIA Jakarta

بسم الله الرحمن الرحيم

 إلى فضيلة مدير معهد العلوم الإسلامية والعربية بجاكرتا – حفظه الله تعالى
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله ولا حول ولا قوة إلا بالله ، أما بعد

أفيدكم علما بأن الأخت / الطالبة

الاسم       : نيميتا ويداري بنت سوسيلو
جهة التخرج : معهد الإمام البخاري بسوراكارتا عام 2009 – 2010م

قد طلبت منى أن أكتب هذه الرسالة الموجهة إلى فضيلتكم نظرا إلى رغبته للالتحاق بمعهدكم الشامخ ، وأفيدكم بأن الأخت المذكورة – كما علمت – كانت محبة للعلم وحريصة على طلبه ، ولا نزكي على الله أحدا . والشكر موصول إلى فضيلتكم على حسن الاهتمام والتعاون ، وجزاكم الله خيرا كثيرا .

بوجور ، 5 نوفمبر 2014م / 12 محرم 1437 هـ
ابنكم

عبد الله لطفي بن أسموجي
خريج معهد العلوم الإسلامية والعربية

  • Surat rekomendasi mendaftar kuliah di Universitas Islam Madinah (UIM)
gerbang universitas islam madinah dari atas
via Important to Learn About

بسم الله الرحمن الرحيم

 إلى فضيلة عميد القبول والتسجيل بالجامعة الإسلامية في المدينة المنورة – حفظه الله تعالى
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله ولا حول ولا قوة إلا بالله ، أما بعد

أفيدكم علما بأن الأخ / الطالب

الاسم       : محمد بمبي بن فردوس
جهة التخرج : معهد الأندلس الإسلامي عام 2015 – 2016م

قد طلب منى أن أكتب هذه الرسالة الموجهة إلى فضيلتكم نظراإلى رغبته للالتحاق بجامعتكم الشامخة ، وأفيدكم بأن الأخ المذكور – كما علمت – كان محبا للعلم وحريصا على طلبه ، ولا نزكي على الله أحدا . والشكر موصول إلى فضيلتكم على حسن الاهتمام والتعاون ، وجزاكم الله خيرا كثيرا .

بوجور ، 5 نوفمبر 2014م / 12 محرم 1437 هـ
ابنكم

عبد الله لطفي بن أسموجي
خريج الجامعة الإسلامية بالمدينة المنورة
Kedua contoh di atas adalah tazkiyah dari tokoh Islam, jika ingin diterapkan pada tazkiyah dari lembaga, maka hanya perlu ditulis dalam kop surat resmi, dan ditulis jabatan yang bertanda-tangan pada baris terakhir.

Semoga contoh surat rekomendasi di atas bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang membutuhkannya, dan terima kasih atas kunjungannya. Salam sukses dari Ketik Surat.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Contoh Surat Rekomendasi atau Tazkiyah"

  1. Replies
    1. Afwan, karena itu contih tazkiyah dr pribadi, maka tdk ada kopnya. Kop surat kan hanya bisa diterbitkan oleh lembaga resmi, tapi format di atas bisa digunakan dalam surat resmi yang diterbitkan oleh lembaga. Syukran atas kunjungannya..

      Delete